RESUME PERTEMUAN KE-20
PERTEMUAN KE : 20
JUDUL : PEMASARAN BUKU
RESUME KE :
20
GELOMBANG : 28
TANGGAL :
22 FEBRUARI 2023
TEMA :
PEMASARAN BUKU
NARA SUMBER : Agus
Subardana , S.E., M.M
MODERATOR : Purbaniasita KS, S.Pd
Kemana muara
semua tarian jemari kita? muara semua hasil karya kita? Yess allright PEMASARAN.
Bagaimana langkah memasarkan buku kita? Apakah via offline ataukah sesuai
perkembangan saat ini dengan cara online. Teknis yang menarik dan jitu
bagaimana yaa. Semua akan terjawab malam ini. Hanya disini di KBMN 28 kita akan
belajar trik jitu ilmu pemasaran hasil karya kita. So... Simak yaa malam ini,
dont forget...
Sekitar pukul
19 00 WIB. Sang moderator memasuki ruang maya pelatihan menulis KBMN 28. Segera
memulai acara, sambal menyapa. Selamat
malam bapak ibu calon penulis hebat di seluruh Indonesia. Apakah masih
bersemangat di pertemuan ke 20 ini? Saya harap semuanya masih bersemangat.
Baiklah sy buka kegiatan malam ini. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh, Salam
sejahtera, Om Swastiastu, Nammo budhaya, Salam Kebajikan . Malam ini, kembali
saya Purbaniasita (Sita) akan menemani sahabat Nusantara di kelas Menulis tanpa
sekat dan batas. Semoga semangat tetap menyala untuk terus berkarya.
"Semua orang akan mati kecuali karyanya. Maka tulislah sesuatu yang akan
membahagiakan dirimu di akhirat kelak" Ali bin Abu Thalib. Seperti yang
kita ketahui bersama buku merupakan muara akhir dari sebuah proses penulisan.
Hasil tulisan kita tentu saja ingin bermuara menjadi sebuah buku, tetapi setelahnya
bingung bagaimana cara memasarkan buku yang sudah di cetak.
Sahabat
Nusantara, tujuan menulis adalah untuk menghasilkan karya buku yang akan
disajikan pada para pembaca. Secara otomatis kita harus paham sajian yang
diminati oleh masyarakat. Tidak mudah membidik selera konsumen dari berbagai
kalangan. Ada strategi khusus yang harus dilakukan agar buku yang kita tulis
benar-benar dinikmati sebagai menu yang sangat dibutuhkan. *Pemasaran
Buku" sebuah judul materi yang menggelitik dan layak kita simak dan
kuasai. Mari kita simak bersama pemaparan narsum kita yang luar biasa ini.
Malam ini, saya
akan menemani Bapak/Ibu yang hebat dan tangguh untuk belajar bersama kepada
seorang Narasumber hebat dengan segudang pengalaman dalam penerbitan buku. *Beliau
adalah seorang Direktur dan Marketing penerbit ANDI *Selama 18 tahun 2 bulan
beliau berkecimpung dalam dunia penerbitan . *Pernah Menjadi Dosen Tidak Tetap
selama 4 Th di STIE Wiyata Mandala Jakarta.
*Riwayat pendidikan beliau yang merupakan lulusan S1 dan S2 Manajemen Pemasaran
sebagai bukti keprofesionalan beliau. Beliau bernama Bapak Agust.
Subardana S. E., M. M atau biasa
dipanggil bapak Agus . Sebelum mulai kegiatan marilah kita berdoa supaya ilmu
yg kita dapat menjadi berkah dan bermanfaat untuk kita semua. Berdoa
dipersilahkan. Selesai. Seperti biasa,
kuliah malam ini dibagi menjadi 4 sesi:
1. Pembukaan
2. Pemaparan materi
3. Tanya Jawab
4. Penutup
Sang naras
umber telah di persilahkan, dan beliau segera memasuki ruangan. Dengan penuh semangat
menyapa peserta pelatihan . Selamat malam Bpk Ibu ,, Saya akan memulai dengan
berpantun terlebih dahulu.:
Singgah sebentar di rumah Kerabat
Meminta buah Apel dan Pisang Banana
Untuk hadirin Bpk Ibu Guru yang Hebat
Salam Hormat dari Saya Agust Subardana
Sakit Gigi jangan di tahan
Karena banyak mengunyah makaroni
Puji Syukur Kepada Tuhan
Kita bertemu di
Grup Belajar Menulis malam ini
Jangan Ngebut Kalau Naik Sepeda Motor
Dari Kota Jogja membawa buah Mengkudu
Terimakasih kepada Moderator
Izinkan saya menyampaikan Strategi Pemasaran Buku
Buku merupakan
salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran
serta sarana penyampaian informasi.
Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk
membaca beraneka ragam terbitan buku.
Dalam rangka
mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya
anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan
tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah
terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap
buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang
penerbitan buku.
Dalam rangka
untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , supaya tetap terus hidup dan
dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu strategi pemasaran. Srategi Pemasaran
biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan
bisnis. Strategi pemasaran penjualan
buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini
dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku
yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu contoh
Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32
katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku
Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).
Dari jenis –
jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan
segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan
pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis . Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di
pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor
Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor
Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan
sosial-budaya.
Banyak sekali
kategori produk bukunya . Saat ini kami dalam menjalankan bisnis Penerbitan
Buku yang sedang kami terus jalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor
Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk
Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 43 tahun dan telah menerbitkan
buku lebih dari 20.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32
katagori.
Strategi
Pemasaran buku yang telah kami petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu
Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan
Darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas.
Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :
A.. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On
Line )
a. Pemasaran
buku lewat Online
Saat terjadi pendemi Covid 19 melanda dunia , mau
gak mau kita dalam dunia bisnis harus bisa mengikuti perkembangan era digital
seperti sekarang ini, bisnis tidak akan bisa survive
jika tidak mengikuti kemajuan zaman dan juga keinginan customer maka akan dipastikan usaha tidak sebaik dulu. Ketika
kita ingat di zaman dulu iklan dengan
brosur dan baliho besar ada dimana mana,
sekarang cara mengiklan ataupun kampanye jauh lebih mudah. Kenapa bisa lebih mudah? Karena dengan
adanya internet membawa perkembangan yang signifikan bagi kehidupan kita.. Penerbit
ANDI saat ini penggarapan pasar dengan bisnis On Line mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah digital
marketing.
Digital
marketing merupakan teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet. Jenis-jenis
digital marketing yang kita terapkan di Penerbit ANDI Offset terapkan antara
lain :
1. Content marketing adalah salah satu jenis
digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk
target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari
calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog,
podcast, infografik, dan lainnya.
2. Search Engine Optimization (SEO). SEO bisa
menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website Penerbit
Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang kita tawarkan.
3. Search Engine Marketing (SEM) merupakan upaya
untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine Marketing (SEM)
merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas
website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.
Sambil menyimak
materi dr bapak Agus, apabila ada pertanyaan bisa dikirim melalui nomor wa
082131167414 (sita) dengan format nama, asal daerah dan pertanya
4. Social media marketing memanfaatkan berbagai
platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Kita bisa
menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial seperti
Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.
Kadang - kadang
supaya lebih menarik Salah satu metode promosi jualan online yang sering
dilakukan oleh pedagang adalah dengan membuat pantun jualan. Pantun sebagai
sarana promosi jualan online juga sangat ampuh untuk menarik calon konsumen, khususnya
anak muda. Apalagi, hampir semua orang saat ini sudah sangat fasih menggunakan
media sosial sehingga pemasarannya jauh lebih mudah.
Contoh pantun Jualan di Media Sosial supaya menarik
perhatian :
Pantun 1 :
Di taman ada banyak kumbang
Di kali banyak buaya
Janganlah ragu ataupun bimbang
Toko online ini bisa dipercaya
Pantun 2 :
Liburan ke pulau Bali
Jangan lupa datang ke pantai Dewata
Ayo beli di toko online kami
Barangnya cuma setengah harga
Pantun 3 :
Kamu jadian sama si dia
Padahal aku sudah menyukaimu
Kita toko online terpercaya
Siap menjual barang paling bermutu
Masih banyak
cara untuk menarik perhatian calon pembeli dengan pantun2 yang dapat kita
buat...
5. Email Marketing.
strategi marketing yang satu ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau
lebih banyak pelanggan.
6. Instant messaging marketing bisa menjadi
pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk secara
online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana kami bisa memanfaatkan
penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger
lainnya.
7. Influencer Marketing . Kehadiran influencer
membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang akan lebih
tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang
influencer.
8. Video marketing untuk melengkapi strategi
pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu media yang
bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.
9. Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube
Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI, Pemasaran melalui channel Youtube juga dinilai sangat efektif karena
orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android . Saat ini
bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan live streaming.
Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus
terus proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :
- Menyebarkan
informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
- Mendapatkan
konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan
konsumen terjaga.
- Menjaga
kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
- Menaikkan
penjualan dan profit
- Membandingkan
dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
- Membentuk
citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
- Mengubah
tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen
Rencana Kami Penerbit Andi , akan menyelenggarakan
Lomba Bikin Film Pendek Bagi Pelajar Indonesia.. dengan hadiah yang cukup
menarik.
Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya punya komunitas masing – masing
sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka
gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku .
Penjualan lewat komunitas akan lebih
efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan
buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi
dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.
Contoh : Komunitas Arisan, Komunitas Guru , Pelajar
, Mahasiswa dll
B. Strategi
pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).
Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam
penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka
cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi
telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga
pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita
kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :
- Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan
mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku
di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko
buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi
Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Kenapa kita perlu petakan jenis toko buku tersebut
, hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem
administrasi dan tempat yang berbeda.
Contoh toko buku modern yaitu Gramedia Books Store,
Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern ini mempunyai
sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan
dengan sistem centralisasi dan sebagainya.
Adapun toko buku semi modern biasanya masih
dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per toko . Sedangakan
Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual .
Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih
dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual /
konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai
macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :
- Menguasai
display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
- Mengadakan
promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
- Mengadakan
Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
- Mengadakan
event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dll )
- Dan
masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan ,
kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern
tersebut.
Contoh Display Buku yang menarik
Promo Diplay Buku di Toko
Promo Discount
- Direct Selling / Kunjungan Langsung
Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita
petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori
buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar
yaitu :
- Buku
Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD,
SMP, SMA, SMK).
- Buku
Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
- Buku
Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka
kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan
menempatkan tenaga penjual (Sales) .
Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri
tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :
- Kunjungan
langsung ke tiap sekolah
- Kunjungan
langsung ke setiap kampus
- Kunjungan
langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
- Dengan
kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun
hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll.
Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.
Pendekatan secara personal ke sekolah-sekolah.
- Melakukan Event –
Event
Aktive dalam melakukan event – event seperti event Pameran buku, dalam seminar,
workshop, Tryout, dan sebagainya.
Even-even : pameran, seminar, whorkshop, try out.
Besan bisa 1 bulan 1, 2 kali dalam 1 bulan atau lebih.
Demikian yang
dapat saya sampaikan Strategi pemasaran buku secara singkat , dan masih banyak
lagi strategi pemasaran buku yang terus berkembang.
Om Jay PGRI: "Belajar adalah sebuah
perjalanan: dari fakta ke pengetahuan, lalu ke pemahaman dan akhirnya
kebijaksanaan." Ayo terus belajar sepanjang hayat. Jadikan menulis dan
membaca sebagai sebuah kebutuhan seperti halnya makan dan minum. Jadikan kritik
sebagai vitamin kehidupan agar engkau menjadi manusia yang lebih baik dari hari
ke hari. Kematian pasti akan datang. Cepat atau lambat. Sebuah kebijakan akan
kita rasakan kenikmatannya, bila kita mampu mengatasinya dengan kebajikan.
Teruslah berbuat baik kawan, sebab orang baik itu rezekinya baik dan mati dalam
keadaan yang baik. Banyak orang baik yang akan mengantarkannya ke liang kubur.
Banyak malaikat yang akan menyambut kedatanganmu. Mereka berkata, "
selamat datang orang baik dan bijak.
Comments
Post a Comment