RESUME PERTEMUAN KE-19

 

PERTEMUAN KE   : 19

JUDUL                      :  MENULIS BUKU AJAR

RESUME KE             : 19

GELOMBANG         : 28

TANGGAL               :  20  FEBRUARI 2023

TEMA                        :  MENULIS BUKU AJAR

NARA SUMBER      :  Dr MUDAFIATUN ISRIYAH , M.Pd

MODERATOR         :  MUTMAINAH

 


 "Jika ditanya apa profesi kita?" GURU. Begitu kata-kata itu kita ucapkan dengan rasa bangga. Sebuah profesi yang mulia. Salah satu pedoman kita saat di dalam kelas adalah BUKU AJAR. Tapi pernahkah terbersit dalam diri kita untuk membuat buku ajar sendiri? Buku yang kita sesuaikan dengan karakter, latar belakang, dan kemampuan siswa kita masing-masing. Di kelas malam ini kita akan belajar menjadi guru yang kreatif. Belajar menulis buku ajar. Bersama narasumber hebat, Penulis Buku Terbaik Perpusnas 2023. Yakin mau melewatkan begitu saja kesempatan emas ini. So stay tune nanti malam..  Apa kerjamu? Apa karyamu? Apa maha karyamu? Kisah Seru Memiliki Blog Impian. Bagaimana ceritanya, bisa memiliki Blog dan pemanfaatannya? Wah jadi pengin tahu nih. Bagaimana serunya...? Pasti ada yang unik - unik tuh.. yang menjadikan kisah tak terlupakan. Uniknya lika liku memilik blog yang menjadi impian.. Yuk kita ceritakan *Awal mula memiliki Blog, rasa senang, komitmen dan harapan- harapannya.

Tak terasa kita sudah memasuki pertemuan ke-19. Semoga semakin banyak peserta yang sudah membuat resumenya dengan baik. Tidak asal-asalan atau asal jadi. Namun, tulisannya benar-benar hasil dari belajar menulis setiap hari. Sebab tiada cara lain untuk bisa menulis selain menulis secara langsung. Di saat membuat resume itu, teman-teman telah mengikat ilmu yang diterima dengan tulisan. IKATALAH ILMU DENGAN CARA MENULISKANNYA.

Omjay sendiri banyak belajar dari Mas Ahmad Fuadi, penulis buku novel best seller negeri 5 menara. Sabatu malam mingu kemarin, kami mengundang beliau berbagi ilmunya. Nah, supaya tidak lupa, omjay mengikatnya dengan menulis di blog, nanti sedikit demi sedikit Omjay isi dan kelak akan menjadi buku bermutu, https://wijayalabs.com/2023/02/20/tips-menulis-buku-novel-best-seller-bersama-ahmaf-fuadi/ Malam hari ini, kita mendapatkan narasumber yang luar biasa. Beliau juga sudah sekelas Ahmad Fuadi. Buku Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd telah mendapatkan penghargaan dari perpustakaan nasional sebagai buku terbaik. Penghargaan ini juga telah didapatkan Ahmad Fuadi, semoga buku ibu Dr. Mudafiatun juga menemukan takdir sebagai buku best seller sebagai buku non fiksi.

Menulis buku Ajar seringkali tidak bisa dibuat oleh guru itu sendiri sebagai pengampu mata pelajaran. Padahal kalau guru tersebut membuat sendiri buku ajarnya, tentu akan jauh berbeda bila kita membuatnya sendiri dan tidak mengandalkan buku ajar buatan orang lain. Malam ini ibu Mudafiatun akan berbagai ilmu dan pengalamannya kepada kita semua. Jangan lupa untuk disimak dan bertanya kepada pakarnya.

Anda mungkin akan terkejut ketika membuat buku ajar dan ternyata buku tersebut banyak digunakan oleh ribuan sekolah. Tentu saja royalty bukunya ikut bertambah dan jangan kaget akan ada uang ratusan juta masuk ke rekening anda. Ini hanya berbagi semangat saja, dan semoga bapak ibu bisa bertanya langsung kepada pakarnya. Masya Allah .. Belajar yuk .....kepo in .. Sekolah  SMP Taruna Bakti sudah 3 tahun pakai buku Informatika karya Omjay. Sebagai bentuk dukungan sesama pegiat literasi satu mata pelajaran Informatika.

Sang moderator memasuki ruang bintek KBMN walau ruang maya, seraya memulai acara : Assalamualaikum, selamat malam, salam sejahtera untuk kita semua. Di malam putaran ke 19 kembali Emut Lebak akan menemani sobat nusantara di kelas Menulis tanpa sekat dan batas. Semoga semangat tetap menyala untuk terus berkarya. Semoga niat tetap terjaga untuk menambah ilmu dari narasumber yang luar biasa. Sebelum kita berselancar dalam dunia maya yang kaya akan hikmah, mari kita satukan hati dan rasa untuk semangat berkarya. Agar malam ini diberi kelancaran dan kemudahan, mari kita tundukkan jiwa sejenak dalam khusyuknya doa. Pastikan segala pendukung tersedia ya. Seperti biasa pertemuan ini  kita akan bagi  dalam 4 sesi

1. Pembukaan

2. Paparan materi

3. Tanya jawab

4. Penutup

Tahu kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapapun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari. Pramudya Ananta Toer. Menulislah dengan tulisan jelek, karena tulisan yang bagus hanya bonus dari kebiasaan". Menulis merupakan tingkat literasi paling tinggi setelah mendengar, Berbicara dan membaca. Meskipun menulis tidak mudah namun harus tetap dilakukan sebagai bukti kita ikut memberikan sesuatu bagi peradaban. Tanpa meninggalkan tulisan manusia akan semakin mudah dilupakan. https://www.kompasiana.com/mudaisriyah/63f23e524addee59a3385632/cv-dr-mudafiatun-isriyah-m-pd CV nara sumber kita yang luar biasa ini. Dr. Mudafiatun Isriyah, M. Pd . Beliau adalah konselor dan penulis juga asesor BAN PAUD Jatim. Lulus cum laude prodi PAUD UNESA Surabaya dan melanjutkan studi di Universitas Negeri Malang untuk meraih gelar doktor Bimbingan dan Konseling. Beliau juga merupakan alumni BM 4 asuhannya Omjay. Dan peraih buku terbaik Perpusnas 2021 bersama prof Ekoji dalam tantangan menulis selama satu minggu. Yuuuk kita sambut dengan meriah..

Sang naras umber segera memasuki ruang maya untuk memulai : Assalamualaikum wr wb....Salam sehattt selaluuu. Jumpa lagi disini bersama Nra sumber. Mohon maaf saya sedikit terlambat karena masih ada kegiatan kampus, baikkk sy akan memulai materi yaaa. Wawww sangat luaarr biasa sekali kali ini sy diberi kesempatan untuk berbagi kepada teman2 guru setanah air, bagian saya adalah bagaimana kita menata materi bahan ajar kita sbg seorang dengan mudah, pingin tahu ga ya rahasianya.  Materi yang sangat ditunggu .

Materi kita adalah :

1. Bahan Ajar  VS  Buku Ajar.

2. Pentingnya BA dalam pembelajaran.

3. Buku Ajar dan Buku Hasil Penelitian/Hasil Pemikiran.

4. Cara Penulisan Buku Ajar.

5. Prinsip-prinsip Pemilihan Materi Buku Ajar.

Yang pertama kita sebagai penulis buku adalah menguasai penguasaan ilmu, kemampuan berbahasa, dan paling penting adalah punya komitmen.

Bagaimana Bahan ajar vs buku ajar itu?

1. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar-mengajar. Bahan ajar dapat berupa bahan tertulis atau pun tidak tertulis.

2. Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak tertulis sehingga dapat tercipta lingkungan dan suasana yang memungkinkan peserta didik untuk belajar.

3. Bahan Ajar Cetak • Buku Teks, •Buku Referensi, dan Monograf,  •Bahan Ajar Mandiri = Modul = BAJJ  •Panduan = Petunjuk = Pedoman, •Atlas = Peta •Diagram = Poster     •Brosur = Leaflet = Manual  . Bahan Ajar non-Cetak • Internet = Web Based Courses = e-learning • CAI = Pembelajaran Berbantuan Komputer • Slide • Video / TV • Audio / Radio..  Sedangkan Buku Ajar merupakan salah satu bentuk bahan ajar.. Buku Ajar adalah buku ilmiah berupa uraian materi pembelajaran yang disusun secara logis dan sistematis dengan bahasa yang lugas, digunakan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran (Pannen & Purwanto, 2001). Nah dari sini bapak ibu sdh memiliki pengetahuan bahwa kemampuan akan bahan ajar yg sudah disiapkan?

Pertanyaaan : MENGAPA BUKU AJAR PENTING DALAM PEMBELAJARAN?

1. Guru lebih banyak waktu untuk memberi bimbingan kepada siswa/mahasiswa   https://www.kompasiana.com/mudaisriyah

 2. Siswa dapat belajar sekalipun tidak ada guru.

 3. Siswa dapat belajar kapan dan di mana saja

4. Siswa tidak terlalu tergantung kepada guru sebagai satu-satunya sumber informasi

5. Siswa bisa belajar dengan kecepatan masing-masing sesuai dengan potensi.

Nah ini sangat penting yg harus dipahami, mengapa buku ajar ini wajib diwujudkan oleh seorang guru. Mengacu pada TRILOGI PEMBELAJARAN : ada Tujuan, 2 Srtategi 3. Penilaian. Karena Syarat minimal terjadinya pembelajaran adalah mahasiswa/siswa – Materi – Guru/Dosen. Beban belajar mahasiswa untuk 2 sks (SN-DIKTI, 2015): 2 sks = 340 menit. Kebutuhan bahan bacaan?

Seorang guru memiliki kepentingan untuk memenuhi kebutuhan dlm mengajar nya yaitu dg menata buku ajar sendiri sesuai mata pelajaran yg kita ampu. Selain itu apa KEUNTUNGAN BUKU AJAR BAGI GURU/DOSEN?

1. Promosi & Kenaikan  Pangkat

2. Mendapatkan insentif

3. Finansial-Royalti

4. Eksistensi diri

5. Media Ekspresi

6. Branding Personal dan Institusi

7. Penguatan Keilmuan; dll.

Eksistensi diri. Nah sangat banyak keuntungan buat diri kita.

Guru adalah sebagai agen Aktivitas Pembelajaran. CAPAIAN PEMBELAJARAN ? Guru adalah sbg Peneliti dan Pembelajar. Pengalaman dan Kurikulum sebagai pegangan kita dlm menulis buku ajar . Guru membuat RPS/Silabus. Desain pembeljaran sbg langkah awal untuk memulai. Semua mata pelajaran yg di desain itu sama dengan ouline calon buku kita. Nah iki akan menghasilkan buku ajar, Buku modul dan diktat.

Seorang guru juga sebagai  PENELITI, maka akan menghasilkan buku referensi, monograf, artikel ilmiah, ini bahan untuk menjadi buku. Nah sekarang  kita bisa membedakan

JENIS-JENIS BUKU AJAR ;

 1. BUKU AJAR,

2. BUKU MODUL,

 3. DIKTAT,

4. PETUNJUK PRAKTIKUM,

 5. NASKAH TUTORIAL..

Kalo BUKU HASIL PENELITIAN/PEMIKIRAN.  Antara lain menghasilkan:

1. BUKU REFERENSI,

2. MONOGRAF.

Nah ini  dibuat buku yang lalu sehagai  sampai mendapatkan penghargaan terbaik 1 perpusnas dengan teman Pendidikan Jarak Jauh

Buku ini hasil penelitian mjd buku referensi saya sajikan mjd sebuah buku yg didalamnya terdapat syarat dg materi yg dibutuhkan oleh guru BK. Ini namanya buku bernovelty. Bagaimana dengan BUKU AJAR  VS BUKU TEKS?

Buku Ajar pada umumnya:

1. Ditulis dan dirancang untuk digunakan siswa/mhs.

2. Menjelaskan tujuan pembelajaran.

3. Disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel.

4. Strukturnya berdasarkan kompetensi yang akan dicapai.

5. Ada pemberian kesempatan latihan bagi mahasiswa.

6. Selalu memberikan rangkuman.

7. Kepadatan berdasarkan kebutuhan mahasiswa

8. Dikemas untuk digunakan dalam pembelajaran.

9. Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa.

10.Mencantumkan petunjuk penggunaan buku ajar.

Buku Teks pada umumnya:

1. Ditulis terutama untuk digunakan dosen atau pembaca umum, dipasarkan secara luas.

2. Tidak selalu menjelaskan tujuan pembelajaran.

3. Disusun secara linier.

4. Strukturnya berdasarkan logika bidang ilmu (content).

5. Belum tentu memberikan latihan bagi mahasiswa.

6. Belum tentu ada rangkuman.

7. Materi buku teks sangat  

8. Dikemas untuk dijual secara umum.

9.Tidak ada mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pemakai.

10.Tidak memberikan petunjuk cara mempelajarinya.

Nah sekarang tinggal dipilih  mana yang paling sesuai dan dibutuhkan entah itu untuk kepentingan pribadi maupun untuk siswa itu sendiri.

CARA PENYUSUNAN BUKU AJAR :

1. PENATAAN INFORMASI (compilation text) . Guru/Dosen melakukan kompilasi bahan dari berbagai sumber yang telah beredar di pasaran berdasarkan RPS yang telah disusun

 2. PENGEMASAN KEMBALI (information repackaging). Guru/Dosen melakukan pengemasan kembali dari sumber-sumber yang telah ada disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi yang ingin dicapai dalah RPS

3. MENULIS SENDIRI (starting from scratch). Guru/Dosen menulis sendiri berdasarkan kepakarannya berdasarkan RPS mata kuliah yang diampu.

Waw banyak sekali yaahhh silakan teman guru bagi yg mau bertanya disimpan dulu ya sebelum materi ini tuntas.

PROSEDUR KOMPILASI

  1. Kumpulkan seluruh buku, artikel jurnal ilmiah, dan sumber acuan lain yang digunakan dalam mata pelajaran seperti yang tercantum dalam daftar pustaka di RPS.
  2. Tentukan bagian-bagian buku, artikel jurnal ilmiah, dan bagian dari sumber acuan lain yang digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS.
  3. Fotokopi seluruh bagian dari sumber yang digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS.

4. Pilahlah hasil fotocopy tersebut berdasarkan urutan Bahan Kajian yang sesuai dengan RPS.

 5. Buatlah/tulislah halaman penyekat bahan untuk setiap Bahan Kajian/BAB.

 6.  Bahan-bahan yang sudah dilengkapi dengan halaman penyekat untuk  setiap Bahan     Kajian kemudian dijilid rapi (selanjutnya dicopy untuk  dibagi kepada mahasiswa).

  7. Buatlah/tulislah pedoman guru/dosen dan pedoman siswa/mahasiswa untuk mendampingi bahan yang sudah dikompilasi tersebut.

PROSEDUR PENGEMASAN KEMBALI INFORMASI.

Informasi yang sudah ada di pasaran dikumpulkan berdasarkan kebutuhan (RPS + RTM) Informasi tersebut disusun kembali/ditulis ulang dengan gaya bahasa dan strategi yang sesuai untuk menjadi buku ajar (digubah), kemudian ditambahkan:

Kemampuan/kompetensi yang akan dicapai.

Petunjuk belajar bagi mahasiswa.

Latihan.

Ringkasan.

Umpan balik.

Evaluasi formatif.

PERTIMBANGAN PENULISAN BUKU AJAR OLEH GURU/DOSEN (MENULIS SENDIRI)

  1. Guru merupakan pakar dalam bidangnya (menguasai bidang ilmu). Guru mempunyai kemampuan menulis.
  2. Guru memahami kebutuhan mahasiswa dalam bidang ilmu yang dibinanya.

3.  Guru memiliki kemampuan mendesain pembelajara

Nah guru adalah pakar bagi dirinya sendiri yaaa , ini skill kita sebenarnya ga bisa tertandingi dg profesi pekerjaan yg laina, bangga menjadi guru

PRINSIP-PRINSIP PEMILIHAN MATERI BUKU AJAR

1.      PRINSIP RELEVANSI

      Materi pembelajaran hendaknya ada hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya pencapaian capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Misalnya, jika kemampuan yang diharapkan dikuasai mahasiswa berupa menghafal fakta, maka materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta.

2.      PRINSIP KONSISTENSI/KEAJEGAN

       Materi pembelajaran harus konsisten dengan kemampuan akhir yang ingin dicapai, baik dari segi jumlah materi maupun dari taksonominya. Jika kemampuan akhir yang harus dikuasai mahasiswa empat macam, maka materi buku ajar yang harus dikembangkan juga harus meliputi empat macam

3.      PRINSIP KECUKUPAN

        Materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu mahasiswa menguasai kemampuan akhir yang diharapkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk mempelajarinya.

 SISTEMATIKA BUKU AJAR

Biasanya tergantung dari penerbit juga ya, tetapi kita sbg seorang guru juga memiliki kesiapan unt menata outline buku kita sendiri yaitu:

BAB 1 Pendahuluan

Penyajian

Penutup

Daftar Pustaka

Senarai (glossary)

 

 Tinjauan Mata Pelajaran :

  1. Prakata

֍ Petunjuk Penggunaan Buku Ajar bagi Mahasiswa

֍ Identitas Mata Kuliah

֍ Deskripsi Singkat Isi Buku Ajar

֍ Kegunaan Mata Kuliah bagi Mahasiswa

֍ Capaian Pembelajaran Mata kuliah

  1. BAB I

Kemampuan Akhir

Indikator

Pendahuluan, terdiri dari:

֍ Deskripsi singkat berupa gambaran umum tentang

     cakupan bab tersebut. 

֍ Relevansi antara bab tersebut dengan pengalaman

     yang telah dimiliki mahasiswa atau manfaat bagi

     mahasiswa.

  1. Penyajian:    

֍ Uraian atau penjelasan materi (sesuai dengan jenis

     materi) dan diikuti dengan contoh-contoh.

֍ Ilustrasi yang sesuai dengan uraian materi.

֍ Tugas dan Latihan yang dilakukan mhs setelah membaca uraian materi.

֍ Rangkuman/ringkasan dari konsep atau prinsip yang

     dibahas.

  1. Penutup, terdiri dari:  

 ֍ Penilaian, konsisten dengan rumusan indikator dan Kemampuan

      Akhir.

֍ Umpan balik, untuk dapat menilai sendiri hasil belajarnya (kunci

      jawaban tes).

֍ Tindak lanjut.

DAFTAR PUSTAKA

SENARAI, berupa daftar istilah teknis yang dianggap penting dan perlu dijelaskan.

DAFTAR INDEX (jika diperlukan).

 

Tak lupa beli piring melamin

Sampai jumpa hadirin semuanya

Semoga bertemu di kesempatan lain

Bersama guru binaan bapak Wijaya kusuma

Guru merupakan sosok yg akan ditiru, guru sebagai model yg akan menjadi figur, daya pandang siswa tak terukur karena melihat sosok guru idaman. Torehan guru menjadi prasasti bagi siswa.     Maka  guru  harus mau menjawab kebutuhan siswa yang sesungguhnya.  Merancang pembelajaran  yang sesuai kebutuan siswa. Oleh karena itu marilah kita menjadi seorang guru yang memiliki komitmen untuk menghargai diri sendiri sebagai seorang yang sangat ditunggu siswa. jadilah guru yang kreatif, desain lah pembelajaran yg menarik, buatlah buku ini sebagai   hasil karya guru yg di tunggu.

 

 

 

 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

RESUME PERTEMUAN KE-30

RESUME PERTEMUAN KEDUA KBMN 28