RESUME PERTEMUAN KE-19
PERTEMUAN KE : 19
JUDUL : MENULIS BUKU AJAR
RESUME KE :
19
GELOMBANG : 28
TANGGAL :
20 FEBRUARI 2023
TEMA :
MENULIS BUKU AJAR
NARA SUMBER : Dr
MUDAFIATUN ISRIYAH , M.Pd
MODERATOR : MUTMAINAH
"Jika
ditanya apa profesi kita?" GURU. Begitu kata-kata itu kita ucapkan dengan
rasa bangga. Sebuah profesi yang mulia. Salah satu pedoman kita saat di dalam
kelas adalah BUKU AJAR. Tapi pernahkah terbersit dalam diri kita untuk membuat
buku ajar sendiri? Buku yang kita sesuaikan dengan karakter, latar belakang,
dan kemampuan siswa kita masing-masing. Di kelas malam ini kita akan belajar
menjadi guru yang kreatif. Belajar menulis buku ajar. Bersama narasumber hebat,
Penulis Buku Terbaik Perpusnas 2023. Yakin mau melewatkan begitu saja
kesempatan emas ini. So stay tune nanti malam.. Apa kerjamu? Apa karyamu? Apa maha karyamu? Kisah
Seru Memiliki Blog Impian. Bagaimana ceritanya, bisa memiliki Blog dan
pemanfaatannya? Wah jadi pengin tahu nih. Bagaimana serunya...? Pasti ada yang unik
- unik tuh.. yang menjadikan kisah tak terlupakan. Uniknya lika liku memilik
blog yang menjadi impian.. Yuk kita ceritakan *Awal mula memiliki Blog, rasa
senang, komitmen dan harapan- harapannya.
Tak terasa kita sudah memasuki pertemuan ke-19.
Semoga semakin banyak peserta yang sudah membuat resumenya dengan baik. Tidak
asal-asalan atau asal jadi. Namun, tulisannya benar-benar hasil dari belajar
menulis setiap hari. Sebab tiada cara lain untuk bisa menulis selain menulis
secara langsung. Di saat membuat resume itu, teman-teman telah mengikat ilmu
yang diterima dengan tulisan. IKATALAH ILMU DENGAN CARA MENULISKANNYA.
Omjay sendiri banyak belajar dari Mas Ahmad Fuadi,
penulis buku novel best seller negeri 5 menara. Sabatu malam mingu kemarin,
kami mengundang beliau berbagi ilmunya. Nah, supaya tidak lupa, omjay
mengikatnya dengan menulis di blog, nanti sedikit demi sedikit Omjay isi dan
kelak akan menjadi buku bermutu, https://wijayalabs.com/2023/02/20/tips-menulis-buku-novel-best-seller-bersama-ahmaf-fuadi/
Malam hari ini, kita mendapatkan narasumber yang luar biasa. Beliau juga sudah
sekelas Ahmad Fuadi. Buku Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd telah mendapatkan
penghargaan dari perpustakaan nasional sebagai buku terbaik. Penghargaan ini
juga telah didapatkan Ahmad Fuadi, semoga buku ibu Dr. Mudafiatun juga
menemukan takdir sebagai buku best seller sebagai buku non fiksi.
Menulis buku Ajar seringkali tidak bisa dibuat oleh
guru itu sendiri sebagai pengampu mata pelajaran. Padahal kalau guru tersebut
membuat sendiri buku ajarnya, tentu akan jauh berbeda bila kita membuatnya
sendiri dan tidak mengandalkan buku ajar buatan orang lain. Malam ini ibu
Mudafiatun akan berbagai ilmu dan pengalamannya kepada kita semua. Jangan lupa
untuk disimak dan bertanya kepada pakarnya.
Anda mungkin akan terkejut ketika membuat buku ajar
dan ternyata buku tersebut banyak digunakan oleh ribuan sekolah. Tentu saja
royalty bukunya ikut bertambah dan jangan kaget akan ada uang ratusan juta
masuk ke rekening anda. Ini hanya berbagi semangat saja, dan semoga bapak ibu
bisa bertanya langsung kepada pakarnya. Masya Allah .. Belajar yuk .....kepo in
.. Sekolah SMP Taruna Bakti sudah 3 tahun
pakai buku Informatika karya Omjay. Sebagai bentuk dukungan sesama pegiat
literasi satu mata pelajaran Informatika.
Sang moderator memasuki ruang bintek KBMN walau
ruang maya, seraya memulai acara : Assalamualaikum, selamat malam, salam
sejahtera untuk kita semua. Di malam putaran ke 19 kembali Emut Lebak akan
menemani sobat nusantara di kelas Menulis tanpa sekat dan batas. Semoga
semangat tetap menyala untuk terus berkarya. Semoga niat tetap terjaga untuk
menambah ilmu dari narasumber yang luar biasa. Sebelum kita berselancar dalam
dunia maya yang kaya akan hikmah, mari kita satukan hati dan rasa untuk
semangat berkarya. Agar malam ini diberi kelancaran dan kemudahan, mari kita
tundukkan jiwa sejenak dalam khusyuknya doa. Pastikan segala pendukung tersedia
ya. Seperti biasa pertemuan ini kita
akan bagi dalam 4 sesi
1. Pembukaan
2. Paparan
materi
3. Tanya jawab
4. Penutup
Tahu kau mengapa aku sayangi kau lebih dari
siapapun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi,
sampai jauh, jauh di kemudian hari. Pramudya Ananta Toer. Menulislah dengan
tulisan jelek, karena tulisan yang bagus hanya bonus dari kebiasaan". Menulis
merupakan tingkat literasi paling tinggi setelah mendengar, Berbicara dan
membaca. Meskipun menulis tidak mudah namun harus tetap dilakukan sebagai bukti
kita ikut memberikan sesuatu bagi peradaban. Tanpa meninggalkan tulisan manusia
akan semakin mudah dilupakan. https://www.kompasiana.com/mudaisriyah/63f23e524addee59a3385632/cv-dr-mudafiatun-isriyah-m-pd
CV nara sumber kita yang luar biasa ini. Dr. Mudafiatun Isriyah, M. Pd . Beliau
adalah konselor dan penulis juga asesor BAN PAUD Jatim. Lulus cum laude prodi
PAUD UNESA Surabaya dan melanjutkan studi di Universitas Negeri Malang untuk
meraih gelar doktor Bimbingan dan Konseling. Beliau juga merupakan alumni BM 4
asuhannya Omjay. Dan peraih buku terbaik Perpusnas 2021 bersama prof Ekoji dalam
tantangan menulis selama satu minggu. Yuuuk kita sambut dengan meriah..
Sang naras umber segera memasuki ruang maya untuk
memulai : Assalamualaikum wr wb....Salam sehattt selaluuu. Jumpa lagi disini
bersama Nra sumber. Mohon maaf saya sedikit terlambat karena masih ada kegiatan
kampus, baikkk sy akan memulai materi yaaa. Wawww sangat luaarr biasa sekali
kali ini sy diberi kesempatan untuk berbagi kepada teman2 guru setanah air,
bagian saya adalah bagaimana kita menata materi bahan ajar kita sbg seorang
dengan mudah, pingin tahu ga ya rahasianya. Materi yang sangat ditunggu .
Materi kita adalah :
1. Bahan Ajar
VS Buku Ajar.
2. Pentingnya BA dalam pembelajaran.
3. Buku Ajar dan Buku Hasil Penelitian/Hasil
Pemikiran.
4. Cara Penulisan Buku Ajar.
5. Prinsip-prinsip Pemilihan Materi Buku Ajar.
Yang pertama kita sebagai penulis buku adalah
menguasai penguasaan ilmu, kemampuan berbahasa, dan paling penting adalah punya
komitmen.
Bagaimana Bahan ajar vs buku ajar itu?
1. Bahan ajar
adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen dan
mahasiswa dalam kegiatan belajar-mengajar. Bahan ajar dapat berupa bahan
tertulis atau pun tidak tertulis.
2. Bahan ajar
adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun
tidak tertulis sehingga dapat tercipta lingkungan dan suasana yang memungkinkan
peserta didik untuk belajar.
3. Bahan Ajar
Cetak • Buku Teks, •Buku Referensi, dan Monograf, •Bahan Ajar Mandiri = Modul = BAJJ •Panduan = Petunjuk = Pedoman, •Atlas = Peta
•Diagram = Poster •Brosur = Leaflet = Manual . Bahan Ajar non-Cetak • Internet = Web Based
Courses = e-learning • CAI = Pembelajaran Berbantuan Komputer • Slide • Video /
TV • Audio / Radio.. Sedangkan Buku Ajar
merupakan salah satu bentuk bahan ajar.. Buku Ajar adalah buku ilmiah berupa
uraian materi pembelajaran yang disusun secara logis dan sistematis dengan
bahasa yang lugas, digunakan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran (Pannen
& Purwanto, 2001). Nah dari sini bapak ibu sdh memiliki pengetahuan bahwa
kemampuan akan bahan ajar yg sudah disiapkan?
Pertanyaaan : MENGAPA BUKU AJAR PENTING DALAM
PEMBELAJARAN?
1. Guru lebih
banyak waktu untuk memberi bimbingan kepada siswa/mahasiswa https://www.kompasiana.com/mudaisriyah
2. Siswa dapat belajar sekalipun tidak ada
guru.
3. Siswa dapat belajar kapan dan di mana saja
4. Siswa tidak
terlalu tergantung kepada guru sebagai satu-satunya sumber informasi
5. Siswa bisa belajar
dengan kecepatan masing-masing sesuai dengan potensi.
Nah ini sangat
penting yg harus dipahami, mengapa buku ajar ini wajib diwujudkan oleh seorang
guru. Mengacu pada TRILOGI PEMBELAJARAN : ada Tujuan, 2 Srtategi 3. Penilaian. Karena
Syarat minimal terjadinya pembelajaran adalah mahasiswa/siswa – Materi – Guru/Dosen.
Beban belajar mahasiswa untuk 2 sks (SN-DIKTI, 2015): 2 sks = 340 menit.
Kebutuhan bahan bacaan?
Seorang guru memiliki kepentingan untuk memenuhi
kebutuhan dlm mengajar nya yaitu dg menata buku ajar sendiri sesuai mata pelajaran
yg kita ampu. Selain itu apa KEUNTUNGAN BUKU AJAR BAGI GURU/DOSEN?
1. Promosi & Kenaikan Pangkat
2. Mendapatkan insentif
3. Finansial-Royalti
4. Eksistensi diri
5. Media Ekspresi
6. Branding Personal dan Institusi
7. Penguatan Keilmuan; dll.
Eksistensi diri. Nah sangat banyak keuntungan buat
diri kita.
Guru adalah sebagai agen Aktivitas Pembelajaran. CAPAIAN
PEMBELAJARAN ? Guru adalah sbg Peneliti dan Pembelajar. Pengalaman dan
Kurikulum sebagai pegangan kita dlm menulis buku ajar . Guru membuat
RPS/Silabus. Desain pembeljaran sbg langkah awal untuk memulai. Semua mata
pelajaran yg di desain itu sama dengan ouline calon buku kita. Nah iki akan
menghasilkan buku ajar, Buku modul dan diktat.
Seorang guru juga sebagai PENELITI, maka akan menghasilkan buku
referensi, monograf, artikel ilmiah, ini bahan untuk menjadi buku. Nah sekarang
kita bisa membedakan
JENIS-JENIS
BUKU AJAR ;
1. BUKU AJAR,
2. BUKU MODUL,
3. DIKTAT,
4. PETUNJUK
PRAKTIKUM,
5. NASKAH TUTORIAL..
Kalo BUKU HASIL
PENELITIAN/PEMIKIRAN. Antara lain menghasilkan:
1. BUKU
REFERENSI,
2. MONOGRAF.
Nah ini dibuat buku yang lalu sehagai sampai mendapatkan penghargaan terbaik 1
perpusnas dengan teman Pendidikan Jarak Jauh
Buku ini hasil penelitian mjd buku referensi saya
sajikan mjd sebuah buku yg didalamnya terdapat syarat dg materi yg dibutuhkan
oleh guru BK. Ini namanya buku bernovelty. Bagaimana dengan BUKU AJAR VS BUKU TEKS?
Buku Ajar pada
umumnya:
1. Ditulis dan dirancang untuk digunakan siswa/mhs.
2. Menjelaskan tujuan pembelajaran.
3. Disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel.
4. Strukturnya berdasarkan kompetensi yang akan
dicapai.
5. Ada pemberian kesempatan latihan bagi mahasiswa.
6. Selalu memberikan rangkuman.
7. Kepadatan berdasarkan kebutuhan mahasiswa
8. Dikemas untuk digunakan dalam pembelajaran.
9. Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan
balik dari mahasiswa.
10.Mencantumkan petunjuk penggunaan buku ajar.
Buku Teks pada
umumnya:
1. Ditulis terutama untuk digunakan dosen atau
pembaca umum, dipasarkan secara luas.
2. Tidak selalu menjelaskan tujuan pembelajaran.
3. Disusun secara linier.
4. Strukturnya berdasarkan logika bidang ilmu
(content).
5. Belum tentu memberikan latihan bagi mahasiswa.
6. Belum tentu ada rangkuman.
7. Materi buku teks sangat
8. Dikemas untuk dijual secara umum.
9.Tidak ada mekanisme untuk mengumpulkan umpan
balik dari pemakai.
10.Tidak memberikan petunjuk cara mempelajarinya.
Nah sekarang
tinggal dipilih mana yang paling sesuai
dan dibutuhkan entah itu untuk kepentingan pribadi maupun untuk siswa itu
sendiri.
CARA PENYUSUNAN
BUKU AJAR :
1. PENATAAN
INFORMASI (compilation text) . Guru/Dosen melakukan kompilasi bahan dari
berbagai sumber yang telah beredar di pasaran berdasarkan RPS yang telah
disusun
2. PENGEMASAN KEMBALI (information repackaging).
Guru/Dosen melakukan pengemasan kembali dari sumber-sumber yang telah ada
disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi yang ingin dicapai dalah RPS
3. MENULIS
SENDIRI (starting from scratch). Guru/Dosen menulis sendiri berdasarkan
kepakarannya berdasarkan RPS mata kuliah yang diampu.
Waw banyak
sekali yaahhh silakan teman guru bagi yg mau bertanya disimpan dulu ya sebelum
materi ini tuntas.
PROSEDUR
KOMPILASI
- Kumpulkan seluruh buku, artikel jurnal ilmiah,
dan sumber acuan lain yang digunakan dalam mata pelajaran seperti yang
tercantum dalam daftar pustaka di RPS.
- Tentukan bagian-bagian buku, artikel jurnal
ilmiah, dan bagian dari sumber acuan lain yang digunakan per Bahan Kajian
sesuai dengan RPS.
- Fotokopi seluruh bagian dari sumber yang
digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS.
4. Pilahlah hasil fotocopy tersebut berdasarkan
urutan Bahan Kajian yang sesuai dengan RPS.
5. Buatlah/tulislah halaman penyekat bahan
untuk setiap Bahan Kajian/BAB.
6. Bahan-bahan
yang sudah dilengkapi dengan halaman penyekat untuk setiap Bahan Kajian kemudian dijilid rapi (selanjutnya
dicopy untuk dibagi kepada mahasiswa).
7. Buatlah/tulislah pedoman guru/dosen dan
pedoman siswa/mahasiswa untuk mendampingi bahan yang sudah dikompilasi
tersebut.
PROSEDUR
PENGEMASAN KEMBALI INFORMASI.
Informasi yang sudah ada di pasaran dikumpulkan
berdasarkan kebutuhan (RPS + RTM) Informasi tersebut disusun kembali/ditulis
ulang dengan gaya bahasa dan strategi yang sesuai untuk menjadi buku ajar
(digubah), kemudian ditambahkan:
Kemampuan/kompetensi yang akan dicapai.
Petunjuk belajar bagi mahasiswa.
Latihan.
Ringkasan.
Umpan balik.
Evaluasi formatif.
PERTIMBANGAN PENULISAN
BUKU AJAR OLEH GURU/DOSEN (MENULIS SENDIRI)
- Guru merupakan pakar dalam bidangnya
(menguasai bidang ilmu). Guru mempunyai kemampuan menulis.
- Guru memahami kebutuhan mahasiswa dalam bidang
ilmu yang dibinanya.
3. Guru
memiliki kemampuan mendesain pembelajara
Nah guru adalah pakar bagi dirinya sendiri yaaa , ini
skill kita sebenarnya ga bisa tertandingi dg profesi pekerjaan yg laina, bangga
menjadi guru
PRINSIP-PRINSIP
PEMILIHAN MATERI BUKU AJAR
1.
PRINSIP RELEVANSI
Materi
pembelajaran hendaknya ada hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya
pencapaian capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Misalnya, jika
kemampuan yang diharapkan dikuasai mahasiswa berupa menghafal fakta, maka
materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta.
2.
PRINSIP
KONSISTENSI/KEAJEGAN
Materi
pembelajaran harus konsisten dengan kemampuan akhir yang ingin dicapai, baik
dari segi jumlah materi maupun dari taksonominya. Jika kemampuan akhir yang
harus dikuasai mahasiswa empat macam, maka materi buku ajar yang harus
dikembangkan juga harus meliputi empat macam
3.
PRINSIP KECUKUPAN
Materi
yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu mahasiswa menguasai
kemampuan akhir yang diharapkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak
boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai
capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Sebaliknya, jika terlalu
banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk
mempelajarinya.
SISTEMATIKA BUKU AJAR
Biasanya tergantung dari penerbit juga ya, tetapi
kita sbg seorang guru juga memiliki kesiapan unt menata outline buku kita sendiri
yaitu:
BAB 1 Pendahuluan
Penyajian
Penutup
Daftar Pustaka
Senarai (glossary)
Tinjauan Mata Pelajaran :
- Prakata
֍ Petunjuk Penggunaan Buku Ajar bagi Mahasiswa
֍ Identitas Mata Kuliah
֍ Deskripsi Singkat Isi Buku Ajar
֍ Kegunaan Mata Kuliah bagi Mahasiswa
֍ Capaian Pembelajaran Mata kuliah
- BAB I
Kemampuan Akhir
Indikator
Pendahuluan, terdiri dari:
֍ Deskripsi singkat berupa gambaran umum tentang
cakupan
bab tersebut.
֍ Relevansi antara bab tersebut dengan pengalaman
yang
telah dimiliki mahasiswa atau manfaat bagi
mahasiswa.
- Penyajian:
֍ Uraian atau penjelasan materi (sesuai dengan jenis
materi)
dan diikuti dengan contoh-contoh.
֍ Ilustrasi yang sesuai dengan uraian materi.
֍ Tugas dan Latihan yang dilakukan mhs setelah membaca
uraian materi.
֍ Rangkuman/ringkasan dari konsep atau prinsip yang
dibahas.
- Penutup, terdiri dari:
֍ Penilaian,
konsisten dengan rumusan indikator dan Kemampuan
Akhir.
֍ Umpan balik, untuk dapat menilai sendiri hasil belajarnya
(kunci
jawaban
tes).
֍ Tindak lanjut.
DAFTAR PUSTAKA
SENARAI, berupa daftar istilah teknis yang dianggap
penting dan perlu dijelaskan.
DAFTAR INDEX (jika diperlukan).
Tak lupa beli
piring melamin
Sampai jumpa
hadirin semuanya
Semoga bertemu
di kesempatan lain
Bersama guru
binaan bapak Wijaya kusuma
Guru merupakan sosok yg akan ditiru, guru sebagai
model yg akan menjadi figur, daya pandang siswa tak terukur karena melihat sosok
guru idaman. Torehan guru menjadi prasasti bagi siswa. Maka guru harus
mau menjawab kebutuhan siswa yang sesungguhnya. Merancang pembelajaran yang sesuai kebutuan siswa. Oleh karena itu
marilah kita menjadi seorang guru yang memiliki komitmen untuk menghargai diri
sendiri sebagai seorang yang sangat ditunggu siswa. jadilah guru yang kreatif,
desain lah pembelajaran yg menarik, buatlah buku ini sebagai hasil
karya guru yg di tunggu.
Comments
Post a Comment