PERTEMUAN
KE 16
BELAJAR
MENULIS BERSAMA OM JAY
HARI
TANGGAL : SENIN , 8 FEBRUARI 2021
NARA
SUMBER : AGUS SUBARDANA
MODERATOR
: AAM NURHASANAH
TEMA
: TEHNIK MEMASARKAN BUKU
Oleh
: Runtifasih.
Pengantar
oleh : OM JAY
Assalamu
alaikum warahmatullahi wabarakatuh . Selamat malam bapak dan ibu semuanya.
Selamat berjumpa kembali dengan omjay, guru blogger Indonesia. Pada malam hari
ini kita masuk pada pertemuan ke 16 Dimana pada minggu ini akan diisi oleh para
narsum dari penerbit andi Yogyakarta. Mulai dari pak @Agus Dana , pak @+62
811-2936-864 Dan pak @joko yg nanti akn bergabung di wa group.. Mohon kirany
Bapak ibu yg tdk aktif di wa group ini bisa aktif di wa group belajar menulis
lainnya yg masih kosong. Supaya narsum lainnya bisa gabung di wa group
gelombang 17 ini yg akan bwrakhir pada 30 Maret 2021.
Moderator
memulai
Siap
Om Jay. Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat malam bapak ibu guru hebat, salam
sejahtera buat kita semua. Malam ini kita akan berbagi pengalaman dengan
narasumber hebat dari Penerbit Mayor PT Andi.. Beliau adalah Bapak Agustinus
Subardana, Selaku Direktur Pemasaran Penerbit Andi.
Literasikangagus.blogspot.com .Senang rasanya saat buku kita bisa diterbitkan
di Penerbit Mayor seperti PT Andi. Semoga buku saya lahir dengan selamat
nantinya. Aminn. Untuk mengefektifkan waktu, kepada Bapak Agus silakan memasuki
kelas. Terima kasih.
Nara
sumber : Agustinus Subardana memulai
Assalamualaikum
Wr. Wb... Selamat Malam Bpk Ibu Guru
Yth...Suatu kehormatan saya bisa hadir lagi di grup belajar menulis ... tema
saya malam ini tentang Strategi Pemasan Buku di saat Pandemi.. Sebelumnya saya
akan kilas balik mengenai pemasaran buku saat pandemi di memasuki th 2021 Saya
akan sedikit jelaskan Industri Buku di Pasar Global Bertumbuh, di saat pandemi
, Bagaimana dengan Indonesia? Data yg
kita peroleh bahwa Di tengah melesunya bisnis di berbagai industri akibat
pandemi Covid-19, industri penerbitan buku justru bertumbuh. Merujuk laporan Nielsen
BookScan ICM, penjulan buku di global hingga akhir pekan di bulan Juli 2020
(YTD) mengalami pertumbuhan cukup signifikan.
Masih
merujuk data tersebut, genre buku yang mengalami kenaikan adalah genre “Food
& Drink” yang pertumbuhannya mencapai 33% atau menjadi 2,8 juta Euro. Selanjutnya,
pada genre Fiksi tumbuh 9% (menjadi 7,1 juta Euro), genre Leisure &
Lifestyle tumbuh 37% (menjadi 1,4 juta Euro), genre Personal Development tumbuh
11% (menjadi 2,2 juta Euro), dan genre Children & Young Adult Non-Fiction
tumbuh 15% (menjadi 1,5 juta Euro). Lantas, bagaimana dengan Indonesia?
Diungkapkan
Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Rosidayati Rozalina, seperti yang
kita kutip dari situs resmi www.ikapi.org, industri penerbitan nasional
terdampak cukup keras dalam terpaan pandemi. Lantaran, tutupnya toko-toko buku,
sekolah-sekolah, dan pengadaan buku oleh dinas/perpustakaan.
Berdasarkan
hasil survei Ikapi, sebanyak 58,2% penerbit mengeluhkan penjualan yang turun
lebih dari 50%. Separuh penerbit juga menyebutkan merosotnya produktivitas
karyawan secara tajam dalam kondisi work from home (WFH) saat ini. Bahkan,
sebanyak 60,2% penerbit menyatakan bahwa mereka hanya sanggup menggaji karyawan
selama tiga bulan dan hanya 5% yang menyatakan sanggup bertahan sampai satu
tahun.
Kendati
demikian, tidak semua penerbitan buku mengalami penurunan penjualan. Ada
sejumlah penerbitan buku di Indonesia justru mengalami pertumbuhan yang
signifikan selama pandemi di 2020. Alhamdulilah puji syukur , kami Penerbit
Andi Offset masih bisa bertahan dan bertumbuh... Dan th 2021 ini Kami Penerbit
Andi akan membuka cabang representative... (Stokis) sebanyak 120 titik di kota & kabupaten di
indonesia..
Fenomena
menarik di industri penerbitan buku pada masa pendemi adalah bertumbuhnya
penjualan di kanal online..Dalam rangka untuk mempertahankan Industri
Penerbitan Buku , supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan
buku yang maksimal maka kita perlu
strategi pemasaran. Srategi Pemasaran biasanya hampir dipakai oleh semua
wirausaha, intreprenur yang menjalankan bisnis.
Strategi
pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa
demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan.
Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokkan menjadi katagori
buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak
katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku
Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks ,
dll ).
Dari jenis – jenis katagori buku tersebut
disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori
buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan
berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis .
Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang
meliputi : 1. Faktor Micro : perantara,
pemasok, pesaing dan masyarakat. . .2 Faktor .Macro : demografi - ekonomi , politik – hukum , dan
sosial budaya..
Saat
ini kami dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang kami terus
jalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini
dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku,
dengan usianya sudah mencapai 40 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari
15.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori (dapat di
kunjungi ke website kami : www.andipublisher.com ).
Strategi
Pemasaran buku yang telah kami petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu
Strategi Pemasaran Buku serangan Udara (on line) dan strategi pemasaran buku
serangan Darat ( off line ), dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor
makro tersebut di atas. Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan secara
singkat sebagai berikut :
1.Strategi
Pemasaran Buku serangan Udara (on line)
1.
Melakukan digital marketing,
seperti berpromosi lewat online melalui website dan
media sosial lainnya. Untuk itu kita harus terus proaktiv melakukan promosi.
Caranya bisa melakukan hal-hal seperti berikut:
- Menyebarkan
informasi produk secara masif terutama kepada target pasar yang potensial
- Mendapatkan
konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang telah ada, sehingga
kesetiaan konsumen terjaga
- Menjaga
kestabilan penjualan saat kondisi pasar lesu
- Menaikan
penjualan dan profit
- Membandingkan
keunggulan produk kita dan pesaing
- Membentuk
citra produk/ branding dibenak konsumen
- Mengubah
tingkah laku, persepsi dan pendapat konsumen
- Melakukan
pemasaran buku melalui komunitas
2.
Strategi pemasaran buku serangan Darat (off line)
Melakukan
pemetaan wilayah dengan membuka cabang di tiap kota besar yang memiliki pasar
potensial. Strateginya dipetakan lagi menjadi:
- Toko
Buku, melakukan pemetaan toko buku dan proaktif dengan pihak internal toko
buku untuk memudahkan promosi
- Directselling, melakukan
pemetaan buku berdasarkan jenis kategori buku yang diterbitkan. Hal ini
kemudian menjadi sebuah terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga
penjual (Sales)
- Melakukan event-event, aktif
melakukan pameran buku, seminar, workshop, try out dan
sebagainya.
Itu
dia beberapa strategi pemasaran yang dilakukan oleh Penerbit Andi Offset. Kelak
ketika kita menerbitkan buku maka sebagai penulis kita juga harus aktif untuk
memasarkan buku. Supaya buku kita cepat laku secara signifikan.
Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan
jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat
Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping
untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan
Tinggi dan umum
Dengan
pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan
buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .
Demikian
Bpk Ibu Guru yg Hebat... Sedikit paparan yg dapat saya sampsikan...Baik Bpk Ibu
Guru yg hebat... Banyak sekali strategi pemasar buku yg dapat kita ciptakan, asalkan
kita mau terus berusaha dan tekun untuk
berkarya lewat tulisan.. Mohon maaf bila ada salah kata... Wasalamualaikum Wr.
Wb
Kata2
mutiara :
"Jangan
pernah ragu meniru penulis lain. Setiap seniman yang tengah mengasah
keterampilannya membutuhkan model. Pada akhirnya, Anda akan menemukan gaya
sendiri dan menanggalkan kulit penulis yang Anda tiru"
Moderator
Menutup Acara
Terima
kasih Pak, atas pemaparan kuliah malam ini yang luar biasa. Semoga makin banyak
guru yang menerbitkan buku dan lolos seleksi Penerbit Andi. Ayo semangat
menulis setiap hari. Betul sekali pak. Dengan terus berlatih, kita akan
menemukan passion menulis kita sendiri. Saya sebagai moderator izin pamit,
mohon maaf atas segala kekurangan. Wabillahitaufik wal hidayah.
Wassalamualaikum Wr.Wb. Salam blogger inspiratif.
Comments
Post a Comment