PERTEMUAN KE 16

BELAJAR MENULIS BERSAMA OM JAY

HARI TANGGAL : SENIN , 8 FEBRUARI 2021

NARA SUMBER : AGUS SUBARDANA

MODERATOR : AAM NURHASANAH

TEMA :  TEHNIK MEMASARKAN BUKU

Oleh : Runtifasih.

Pengantar oleh : OM JAY

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh . Selamat malam bapak dan ibu semuanya. Selamat berjumpa kembali dengan omjay, guru blogger Indonesia. Pada malam hari ini kita masuk pada pertemuan ke 16 Dimana pada minggu ini akan diisi oleh para narsum dari penerbit andi Yogyakarta. Mulai dari pak @Agus Dana , pak @+62 811-2936-864 Dan pak @joko yg nanti akn bergabung di wa group.. Mohon kirany Bapak ibu yg tdk aktif di wa group ini bisa aktif di wa group belajar menulis lainnya yg masih kosong. Supaya narsum lainnya bisa gabung di wa group gelombang 17 ini yg akan bwrakhir pada 30 Maret 2021.

Moderator memulai

Siap Om Jay. Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat malam bapak ibu guru hebat, salam sejahtera buat kita semua. Malam ini kita akan berbagi pengalaman dengan narasumber hebat dari Penerbit Mayor PT Andi.. Beliau adalah Bapak Agustinus Subardana, Selaku Direktur Pemasaran Penerbit Andi. Literasikangagus.blogspot.com .Senang rasanya saat buku kita bisa diterbitkan di Penerbit Mayor seperti PT Andi. Semoga buku saya lahir dengan selamat nantinya. Aminn. Untuk mengefektifkan waktu, kepada Bapak Agus silakan memasuki kelas. Terima kasih.

Nara sumber : Agustinus Subardana memulai

Assalamualaikum Wr. Wb...  Selamat Malam Bpk Ibu Guru Yth...Suatu kehormatan saya bisa hadir lagi di grup belajar menulis ... tema saya malam ini tentang Strategi Pemasan Buku di saat Pandemi.. Sebelumnya saya akan kilas balik mengenai pemasaran buku saat pandemi di memasuki th 2021 Saya akan sedikit jelaskan Industri Buku di Pasar Global Bertumbuh, di saat pandemi ,  Bagaimana dengan Indonesia? Data yg kita peroleh bahwa Di tengah melesunya bisnis di berbagai industri akibat pandemi Covid-19, industri penerbitan buku justru bertumbuh. Merujuk laporan Nielsen BookScan ICM, penjulan buku di global hingga akhir pekan di bulan Juli 2020 (YTD) mengalami pertumbuhan cukup signifikan.

Masih merujuk data tersebut, genre buku yang mengalami kenaikan adalah genre “Food & Drink” yang pertumbuhannya mencapai 33% atau menjadi 2,8 juta Euro. Selanjutnya, pada genre Fiksi tumbuh 9% (menjadi 7,1 juta Euro), genre Leisure & Lifestyle tumbuh 37% (menjadi 1,4 juta Euro), genre Personal Development tumbuh 11% (menjadi 2,2 juta Euro), dan genre Children & Young Adult Non-Fiction tumbuh 15% (menjadi 1,5 juta Euro). Lantas, bagaimana dengan Indonesia?

Diungkapkan Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Rosidayati Rozalina, seperti yang kita kutip dari situs resmi www.ikapi.org, industri penerbitan nasional terdampak cukup keras dalam terpaan pandemi. Lantaran, tutupnya toko-toko buku, sekolah-sekolah, dan pengadaan buku oleh dinas/perpustakaan.

Berdasarkan hasil survei Ikapi, sebanyak 58,2% penerbit mengeluhkan penjualan yang turun lebih dari 50%. Separuh penerbit juga menyebutkan merosotnya produktivitas karyawan secara tajam dalam kondisi work from home (WFH) saat ini. Bahkan, sebanyak 60,2% penerbit menyatakan bahwa mereka hanya sanggup menggaji karyawan selama tiga bulan dan hanya 5% yang menyatakan sanggup bertahan sampai satu tahun.

Kendati demikian, tidak semua penerbitan buku mengalami penurunan penjualan. Ada sejumlah penerbitan buku di Indonesia justru mengalami pertumbuhan yang signifikan selama pandemi di 2020. Alhamdulilah puji syukur , kami Penerbit Andi Offset masih bisa bertahan dan bertumbuh... Dan th 2021 ini Kami Penerbit Andi akan membuka cabang representative... (Stokis)  sebanyak 120 titik di kota & kabupaten di indonesia..

Fenomena menarik di industri penerbitan buku pada masa pendemi adalah bertumbuhnya penjualan di kanal online..Dalam rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu  strategi pemasaran. Srategi Pemasaran biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan bisnis.

Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokkan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).

Dari jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis .  Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi : 1. Faktor Micro :  perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat. . .2 Faktor .Macro  : demografi - ekonomi , politik – hukum , dan sosial budaya.

Saat ini kami dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang kami terus jalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 40 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 15.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori (dapat di kunjungi ke website kami : www.andipublisher.com ).

Strategi Pemasaran buku yang telah kami petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara (on line) dan strategi pemasaran buku serangan Darat ( off line ), dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :

1.Strategi Pemasaran Buku serangan Udara (on line)

1.      Melakukan digital marketing, seperti berpromosi lewat online melalui website dan media sosial lainnya. Untuk itu kita harus terus proaktiv melakukan promosi. Caranya bisa melakukan hal-hal seperti berikut:

  • Menyebarkan informasi produk secara masif terutama kepada target pasar yang potensial
  • Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang telah ada, sehingga kesetiaan konsumen terjaga
  • Menjaga kestabilan penjualan saat kondisi pasar lesu
  • Menaikan penjualan dan profit
  • Membandingkan keunggulan produk kita dan pesaing
  • Membentuk citra produk/ branding dibenak konsumen 
  • Mengubah tingkah laku, persepsi dan pendapat konsumen
  • Melakukan pemasaran buku melalui komunitas

2. Strategi pemasaran buku serangan Darat (off line)

Melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang di tiap kota besar yang memiliki pasar potensial. Strateginya dipetakan lagi menjadi:

  • Toko Buku, melakukan pemetaan toko buku dan proaktif dengan pihak internal toko buku untuk memudahkan promosi 
  • Directselling, melakukan pemetaan buku berdasarkan jenis kategori buku yang diterbitkan. Hal ini kemudian menjadi sebuah terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales)
  • Melakukan event-event, aktif melakukan pameran buku, seminar, workshop, try out dan sebagainya.

Itu dia beberapa strategi pemasaran yang dilakukan oleh Penerbit Andi Offset. Kelak ketika kita menerbitkan buku maka sebagai penulis kita juga harus aktif untuk memasarkan buku. Supaya buku kita cepat laku secara signifikan. 

Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :

Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).

Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah

Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum

Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .

Demikian Bpk Ibu Guru yg Hebat... Sedikit paparan yg dapat saya sampsikan...Baik Bpk Ibu Guru yg hebat... Banyak sekali strategi pemasar buku yg dapat kita ciptakan, asalkan kita mau terus berusaha  dan tekun untuk berkarya lewat tulisan.. Mohon maaf bila ada salah kata... Wasalamualaikum Wr. Wb

Kata2 mutiara :

"Jangan pernah ragu meniru penulis lain. Setiap seniman yang tengah mengasah keterampilannya membutuhkan model. Pada akhirnya, Anda akan menemukan gaya sendiri dan menanggalkan kulit penulis yang Anda tiru"

Moderator Menutup Acara

Terima kasih Pak, atas pemaparan kuliah malam ini yang luar biasa. Semoga makin banyak guru yang menerbitkan buku dan lolos seleksi Penerbit Andi. Ayo semangat menulis setiap hari. Betul sekali pak. Dengan terus berlatih, kita akan menemukan passion menulis kita sendiri. Saya sebagai moderator izin pamit, mohon maaf atas segala kekurangan. Wabillahitaufik wal hidayah. Wassalamualaikum Wr.Wb. Salam blogger inspiratif.

 

Comments

Popular posts from this blog

RESUME PERTEMUAN KE-30

RESUME PERTEMUAN KEDUA KBMN 28